Jumat, 13 Agustus 2010

Berbagi cerita ------> looking for a...*part 2*

Ini adalah cerita yang masih segar di ingatan quw. Yah masih seputar loking for a job. Hehe...
Pngalaman sbg jobseeker yg terkesan untuk quw.

Kurang lebih Seminggu *klo g' slh sih* yang lalu quw mendapat telp yang memanggil q tuk mengikuti jobtest di salah satu perusahaan yg bergerak di bidang agrobisnis,.. Jelasnya perkebunan kelapa sawit yang brskala nasional.
Tentunya sebelum ke TKP seperti biasa q bertanya pada mr. Google tntang perusahahaan tersebut. Setelah berbekal sdikit info, pergilah saya memenuhi panggilan tersebut.

Ada 3 tahap tes pada hari itu yg harus dilewati sekaligus dlm wkt 1 hari untuk bisa ikut ke tahap slanjutnya.*jjiiaaah asli capek dari jam 7.30 mpe jam 4* Interview awal, psikotes, dan yg terakhir interview dg user.
Interview awal, terlewati cm ttng komitmen terhadap pekerjaan dan perusahaan. "Qt butuh orang2 yang qualified, tangguh dan g' cenggeng pastinya, *huhu...dlm hati q comment "wew kok tw sih pak klo aq cengeng" hihihi"
Ditegaskanny kembali "apa kamu sanggup berada di medan lapangan, daerah terpencil, jauh dari keramaian, g' ada mall, g' ada 21, jaringan internet dan komunikasi pun susah" *tuing-tuing* yah pasti lah,mana ada pabrik d kota.hehe.."insya allah saiah sanggup, karna itu emg resiko dari pekerjaan" *hehe.. Sok brani pdhl ntah iyoh ntah idak pula*

Tes yg ke dua, psikotes. Klo g' salah ada 40 soal dlm wkt 1 jam, matematika analogi, kemampuan verbal, mpe kalkulus pun ada. Huhu....

Tes yg terakhir, interview dg user. Disini digali kemampuan teknik. dan g' nyangka beliau tanya tntng CPO. *tuing-tuing, saiah terdesak saat itu, tak ada persiapan unt pertanyaan ini* Akhirnya berusaha brpikir cpt dg mengumpulkan smua memori yg tersisa dipikiran q, krna tak mgkn kupermalukan diri q sndri...Dengan berusaha menutupi kekosongan saat itu tentunya... Hahaha.... Q jawab dg tak yakin :

"Maaf pak, yg saya tau hanya Kelapa sawit yg bisa diolah dibagi mnjadi 2 bagian, Tandan buah segar (TBS) yg kulit daging ny bs diolah jadi CPO, sedangkan inti sawit unt bahan baku minyak goreng. CPO sendiri digunakan unt berbagai produk lainnya, salah satunya biodisel"

"Okeh2.,lanjutkan, teruskan tentang proses sampai jadi CPO, apa kamu tau?" dengan smangat ny si user mlanjutkan prtanyaannya. Waddooh, pdhl itu aja uda susah payah q coba mengingat. Huhuhu.,.
Kembaili ku ingat isi laporan KP di perpustakaan yg g' sngaja prnh ku baca.
"Saya kurang tau tntng proses lengkapnya, tapi klo G' SALAH ada beberapa tahap, pemisahan buah dr tandannya, pencacahan, plunakan atau pemasakan pd digester dg uap panas pada suhu tinggi, pengepressan minyak, dan pemurnian" huhu...*kacaunya ekpresi wajahku saat itu*

Dan akhirnya interview slesai.
Tinggal menunggu panggilan jika beruntung lolos ke tahap berikutnya . Hahaha....

Kata2 yg membangun dari pak user yg masih sangat jelas diingatan q "Potensi kelapa sawit di sni cukup besar, apalagi dg meningkatnya kebutuhan energi saat ini. CPO jadi pilihan bahan baku bioenergi sbg energi alternatif pengganti minyak bumi. Makanya skrng lg sangat berkembang peluang industri CPO di Sumsel. Akan lbh baik jika sbg mahasiswanya, kamu juga tertarik pada industri CPO. Saran saya : gali teruz, cari terus informasi dan kuasai CPO, itu bs mjdi 1 nilai tmbh unt kamu"

Treng - trenteng..... "berfikir mode on"

Itulah 2 pengalaman jobseeker yg paling berkesan unt q. Yg pasti aq yakin allah akan kasih yg terbaik untuk ku.
SMANGATTT... ... !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar